Kamis, 15 Oktober 2020

Rambu Lalu Lintas Cebol Di Spanyol


Entah Berapa Kali Aspal Ditinggikan
Sehingga Rambu Tinggal Semeter

Hilang rasa lelah dan letih bila kita melakukan perjalanan nyetir sendiri mobil sewaan keluar kota, kemanapun diseluruh penjuru Spanyol. Sepanjang jalan terkadang kita semua tertawa terbahak bahak dan rasanya ingin sekali saya guling guling dan salto di jalanan. Bagaimana tidak tertawa, pemandangan sepanjang jalan mempertontonkan betapa lucunya Dinas Pekerjaan Umum Spanyol dan Kontraktor kontraktor  yang dapat proyek memperbaiki jalan umum.

Tahun Depan Kalau Aspal Ditinggikan Lagi
Rambu Ini Tinggal Gambar Kuda

Kalau ada kontraktor menang tender perbaikan jalan, caranya sama persis dengan para kontraktor Indonesia tahun 1970an. Aspal lama eksklusif saja ditimbun atau diurug dengan aspal baru, tidak dikerok dulu. Cara perbaikan jalan versi timbun dan urug ini entah sudah terjadi sejak kapan, yang terperinci dikala ini nyaris semua rambu kemudian lintas  di jalan umum luar kota aneka macam yang 'cebol'. Separuh tiangnya tertimbun aspal yang bertambah tebal dari tahun ketahun. Rata rata tinggi rambu lalu lintas tinggal satu meter saja.

Rambu Cebol Banyak Di Spanyol

Lebih lucu lagi kelakuan kontraktor Spanyol jikalau mampu proyek untuk menciptakan tembok penahan longsor. Rambu lalu lintas yang membatasi proyek pembangunan tembok tidak dibongkar atau dikesampingkan dulu tapi dibiarkan apa adanya dan ikut disemen. Makara, telah menjadi hal yang biasa kalau anda melihat tiang besi rambu lalu lintas tertanam didalam tembok watu penahan longsor.

Tingginya Tinggal Satu Meter

Yang penting proyeknya mampu tamat dengan cepat, ada rambu lalu lintas atau apapun yang membatasi proyek, semen saja beres. Gambar proyek yang disetujui Dinas Pekerjaan Umum Spanyol mampu jadi bukti bahwa tidak ada benda apapun yang menghalangi pembangunan tembok. Kaprikornus jikalau ada rambu kemudian lintas yang hilang tersemen didalam tembok penahan longsor  atau hanya nampak ujung atasnya doang maka jangan salahkan siapa siapa. Cukup tertawakan saja, Standard Operating Procedure (SOP) kontraktor perbaikan jalan biasa di Spanyol memang diluar logika siapapun yang melihatnya. Pokoknya Out Of The Box lah.

Terlihat Jelas Aspal Tingginya Bukan Main
Dibanding Tanah Dibawahnya

Dinas Pekerjaan Umum Spanyol Dan
Kontraktor Perbaikan Jalan Kerjanya Amburadul

Tingginya Tinggal Satu Meter


Tiang Rambu Ini Disemen Saat Pembangunan
Tembok

Rambu Ini Ditimbun Tanah  Dan Disemen Saat
Pembangunan Tembok Batu



Rambu Ini Makara Cebol Karena Jalan Aspal
Ditinggikan Terus

Rambu Km Ini Disemen Saat Pembangunan
Tembok Penahan Longsor Sekarang
Harus Berhenti Didepannya Untuk Baca


Tahun Depan Rambu Ini Tinggal Separuh

Jalan Baru Saja Ditambahi Aspal
Masih Hitam Mulus

Lumayan Masih Agak Tinggi
3 Tahun Lagi Tinggal 1/2 Meter


Rambu Kuning Ini Dulu Terlihat Jelas
Sekarang Hampir Tidak Terlihat
Setelah Dibangun Tembok

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar